5 Tips Psikologi Menyambut Kelahiran Bayi

Tips psikologi ibu hamilMenanti kelahiran buah hati merupakan saat-saat yang menyenangkan sekaligus menegangkan terutama bagi sang ibu. Ada banyak hal yang menjadi beban pikiran wanita saat akan melahirkan bayi baik fisik maupun psikis. Masalah persiapan melahirkan seperti perlengkapan kebutuhan bayi, tempat di mana akan melahirkan, biaya yang dibutuhkan kadang membuat wanita stress.

Padahal hal ini tidak baik bagi wanita yang akan melahirkan bayi. Karena itu hendaknya suami selalu mendampingi istrinya di saat-saat itu serta menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat melahirkan nanti, ini akan membantu istri menjadi tenang dan rileks.
Berikut ini 5 tips psikologi untuk menyambut kelahiran buah hati.

Yang pertama adalah menghilangkan kekhawatiran pada ibu akan rasa sakit ketika ibu melahirkan. Kebanyakan wanita mengalami rasa takut ini terutama bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Memang melahirkan bayi itu sakit baik melahirkan normal maupun melalui operasi saecar, bahkan operasi saecar bagi sebagian orang lebih sakit dan lebih lama sembuhnya.

Tiap wanita tentunya ingin melahirkan normal, sehingga wanita yang akan melahirkan harus menyiapkan diri bahwa mau tidak mau dia harus melahirkan bayi. Dia harus siap menghadapi rasa sakit ketika melahirkan, karena di samping rasa sakit itu ada kebahagiaan yang menanti yaitu lahirnya bayi yang ditunggu-tunggu. Rasa sakit itu biasanya akan segera hilang setelah bayi lahir.

Tips yang kedua hendaknya ibu yang akan melahirkan menghilangkan kekhawatiran mengenai di mana dia akan melahirkan nantiĀ  saat trimester ketiga dan dengan dokter siapa. Ketika melahirkan, wanita membutuhkan tempat yang nyaman dan tenang sehingga ada baiknya dia bersama suaminya sudah merencanakan jauh-jauh hari di mana dan dengan siapa dia akan melahirkan bayi.

Tips yang ketiga adalah meminta suami atau keluarga untuk menemaninya ketika melahirkan. Ketika ibu melahirkan membutuhkan dorongan dan semangat dari orang terdekatnya, jadi hendaknya suami juga harus siap menemani istri jika sewaktu-waktu istrinya melahirkan. Tips keempat hendaknya wanita menghilangkan pikiran-pikiran buruk tentang bayi yang akan dilahirkannya, apakah akan lahir selamat atau tidak, normal atau cacat.

Mengenai hal ini, wanita harus optimis bahwa bayinya akan lahir dengan selamat dan sempurna. Jika pun nanti bayinya lahir tidak seperti yang diharapkannya, maka dia harus siap dan ikhlas apapun keadaan bayinya karena anak adalah amanah dari Yang maha kuasa. Sedangkan tips kelima dan ini yang terpenting adalah sentiasa berdoa kepada Yang maha Esa supaya dirinya dan anaknya lahir dengan selamat. Dengan demikian hatinya akan selalu tenang.

Pencarian Terpopuler:

menanti kelahiran buah hati, Menanti kelahiran sang buah hati, menanti kelahiran si buah hati, menanti buah hati lahir, tips menanti kelahiran bayi.

One Response to “5 Tips Psikologi Menyambut Kelahiran Bayi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>