Apa yang tidak boleh dilakukan saat kehamilan?

apa yang boleh dilakukan ibu hamilHamil adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami dan istri. Mereka pasti mengharapkan bayi yang akan lahir tersebut sehat dan sempurna. Oleh karenanya ibu hamil harus menjaga kesehatan diri dan kandungannya dengan baik. Supaya bayi yang dikandung sehat maka ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang halal, sehat, dan bergizi.

Makanan ibu hamil harus mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan ibu dan bayi dalam kandungannya. Kebutuhan kalori ketika belum hamil dan sesudah hamil berbeda. Selain itu, wanita yang sedang hamil harus banyak makan buah dan sayur. Bila wanita mengalami ngidam misalnya mual-mual saat hamil muda, maka hendaknya suami mendampinginya dan memberi motivasi supaya istri mau makan walaupun sedikit tetapi sering. Wanita hamil harus berhati-hati memakan suatu makanan atau obat-obatan.

Ibu yang sedang hamil tidak boleh merokok, minum minuman keras, obat-obat yang dijual bebas, dan jamu karena sebagian jamu bersifat abortif. Jadi, jika ibu hamil ingin minum jamu harus bertanya dahulu pada orang yang benar-benar mengetahui bahwa jamu tersebut aman diminum.

Selain itu makanan ibu hamil hendaknya tidak banyak mengandung zat pengawet, zat pewarna, monosodium glutamate, dan zat kimia lainnya. Hendaknya ibu hamil rutin memeriksakan kandungannya ke bidan atau puskesmas supaya kesehatan janin dapat terpantau dengan baik. Di samping harus memperhatikan soal makanan, wanita yang sedang hamil juga harus memperhatikan pakaiannya.

Jangan mengenakan baju yang terlalu sempit, karena akan membuat ibu susah bernafas dan menghambat pertumbuhan janin. Tidak perlu malu untuk memakai baju hamil yang longgar dan lebar. Baju hamil yang ideal adalah berupa baju panjang yang lebar dengan kain yang lembut dan menyerap keringat. Namun demikian, ketika di rumah wanita hamil boleh memakai baju yang ketat (menempel tubuh)asal jenis kainnya sangat lentur sehingga dapat menyesuaikan ukuran tubuh. Jangan memakai celana jins atau calana lain yang bersabuk terutama pada kehamilan tua.

Sebenarnya wanita hamil tetap dapat tampil modis dengan baju hamil. Selain hal-hal tersebut, hendaknya ibu hamil jangan sampai kelelahan, kurang tidur, dan hal-hal lain yang bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan diri dan janinnya. Tidak perlu mengikuti mitos-mitos yang berlaku di masyarakat yang melarang wanita untuk melakukan ini dan itu.

Pencarian Terpopuler:

yang tidak boleh dilakukan saat hamil, HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN IBU HAMIL, hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda, Hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil, hamil berapa bulan tidak boleh memakai celana ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>