Bagaimana Bentuk Janin 3 Bulan Pertama?

Kehamilan 3 Bulan PertamaKehamilan 3 bulan pertama atau yang sering disebut trimester pertama merupakan saat-saat yang rawan. Pada kehamilan 3 bulan pertama, sesungguhnya tubuh wanita hamil sudah mulai bekerja aktif untuk penyesuaian, baik itu secara fisik maupun emosional.

Kehamilan 3 bulan pertama, diawali dengan terjadinya konsepsi atau peleburan sel sperma dan sel telur menjadi zigot. Peleburan ini terjadi pada minggu ketiga awal trimester pertama.

Pada minggu awal trimester pertama, sekelompok sel dengan cepat membentuk struktur yang akan menjadi bayi. Memasuki akhir dari bulan pertama, besar janin tak lebih besar dari sebutir padi. Namun, janin telah mempunyai susunan syaraf pusat yang kuat, jantungnya pun telah berdenyut. Selain itu kepala dan leher janin telah terbentuk.

Memasuki bulan kedua pada kehamilan 3 bulan pertama, organ-organ tubuh seperti muka, mata, dan panca indra yang lain sudah mulai terbentuk. Janin yang berusia 2 bulan memiliki panjang sekitar 20-39 mm.

Pada minggu kedelapan, jantung janin sudah mampu memompa dengan kuat dan dengan irama teratur. Jantung janin berdetak dengan frekuensi sekitar 120 kali dalam semenit. Ibu hamil sudah bisa mendengar detak jantung janin dengan alat Doppler. Pada saat itu, sekelompok sel pembentuk tulang keras dan lunak juga sudah mulai berfungsi. Tulang belakang janin pun sudah mulai tumbuh sempurna. Pada minggu ini jantung, otak, hati, ginjal, paru-paru, usus dan organ yang lainnya sudah siap bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Liang telinga bagian tengah yang mengontrol keseimbangan pendengaran sudah mulai berfungsi. Pada saat ini ibu dan janin sudah bisa berkomunikasi lebih aktif.
Memasuki bulan ketiga pada trimester pertama, pergerakan janin 3 bulan sudah dapat dideteksi dengan alat USG. Janin 3 bulan sudah mulai tampak seperti manusia kecil. Janin 3 bulan memiliki panjang sekitar 70 mm.

Janin 3 bulan sudah memiliki diafragma yang memisahkan jantung dan paru dari perut. Bentuk kepala janin 3 bulan juga sudah terlihat bundar sempurna. Pada usia janin 3 bulan terjadi peningkatan fungsi organ-organ tubuh janin, organ tubuh janin 3 bulan sudah mampu bekerja sama dengan seimbang. Bentuk tangan pada janin 3 bulan sudah lebih sempurna, jari-jari janin sudah mulai tumbuh. Pada akhir trimester pertama kelima jari janin sudah terlihat lebih sempurna bentuknya. Janin 3 bulan dapat menggerakkan kedua tangannya, walaupun daya dan frekuensi gerakannya masih sangat kecil.

Bentuk janin pada 3 bulan pertama sudah mulai nampak sempurna dengan tumbuhnya organ-organ luar dan dengan meningkatnya fungsi organ dalam. Apabila melihat bentuk janin 3 bulan dengan menggunakan USG 4 dimensi, maka akan terlihat bahwa janin seperti bayi mungil yang sudah memiliki kepala bundar sempurna, mata, telinga, hidung, mulut, tangan dan kaki.

Pencarian Terpopuler:

kehamilan 3 bulan, bentuk janin 3 bulan, janin usia 3 bulan, Janin 3bulan, hamil 3bulan.

One Response to “Bagaimana Bentuk Janin 3 Bulan Pertama?”

  • yusi says:

    pada kehamilan usia 9 minggu. bidan memeriksa saya dengan alat doppler tetapi belum terdengar detak jantung si janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>