Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Keguguran

Keguguran adalah hal yang paling ditakuti oleh setiap wanita hamil. Keguguran merupakan suatu kondisi dimana terjadinya gangguan kehamilan atau kegagalan janin yang mengakibatkan keluarnya janin, plasenta, dan kantung ketuban dari dalam tubuh. Peristiwa keguguran banyak terjadi pada usi kehamilan 3 bulan pertama.

Apa saja hal yang menjadi penyebab keguguran? Berikut penjelasan lebih rinci tentang penyebab keguguran:
Penyebab paling umum keguguran adalah kelainan kromosom anak yang tengah berkembang. Hal ni bisa terjadi karena cacat genetika pada janin (kegagalan janin) yang disebabkan oleh masalah pada sel telur atau sperma yang membawa kelainan genetika. Lebih dari setengah keguguran disebabkan oleh hal ini. Potensi kerusakan gen ini lebih besar terjadi pada wanita yang mengandung di usia tua (lebih dari 35 tahun).


Faktor penyebab keguguran berikutnya adalah stess. Ketika stress, otak akan melepaskan beberapa hormon, salah satunya adalah Cortikotropin Releasing Hormone (CRH). Dalam penelitian terakhir, pada wanita yang melahirkan prematur, atau mengalami kegagalan janin atau gangguan kehamilan sering ditemukan CRH dengan kadar tinggi dalam aliran darah mereka. CRH adalah hormon otak yang mengeluarkan reaksi terhadap stres fisik atau emosional, yang juga diproduksi di plasenta dan rahim, hal ini akan memicu kontraksi rahim Anda.

Gaya hidup ibu hamil sebelum kehamilan maupun selama kehamilan juga mungkin menjadi penyebab terjadinya keguguran pada kandungannya. Merokok, mengonsumsi obat-obatan terlarang, dan penyalahgunaan alkohol, merupakan hal-hal yang dapat meningkatkan risiko keguguran pada wanita.

Penyebab berikutnya, penyakit yang diderita oleh wanita hamil tersebut seperti ketidakseimbangan hormonal, infeksi, diabetes, penyakit jantung, ginjal, atau hati, gangguan kekebalan tubuh, masalah rahim atau indung telur, dan lain sebagainya.

Beban kerja yang berlebih juga menjadi penyebab keguguran pada wanita hamil. Apalagi bagi Anda yang berkerja berat seperti buruh pabrik. Mengangkat beban yang terlalu berat dapat menjadi terjadinya keguguran pada wanita hamil. Untuk itu sebaiknya jika Anda dalam kondisi hamil kurangilah beban pekerjaan Anda. Jangan segan untuk meminta bantuan pada rekan kerja Anda, mereka pasti mengerti kondisi Anda.

Olah raga yang terlalu berlebihan dapat menjadi penyebab terjadinya keguguran. Olahraga memang penting bagi kesehatan Anda selama masa kehamilan, namun olah raga yang terlalu berat saat hamil seperti voli, bersepeda, dan lain-lain yang banyak menghabiskan energi dan memiliki gerakan yang cepat bahkan melompat dapat membuat janin Anda mengalami goncangan. Bagi Anda wanita hamil, jika ingin berolah raga pilihlah olah raga yang ringan seperti jalan kaki di pagi sembari menikmati segarnya udara pagi.

Terakhir, jika ibu hamil mengonsumsi kopi atau cola dalam jumlah lebih dari 6 gelas per hari dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran pada kandungannya. Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan minum kopi atau cola di saat 3 bulan pertama kehamilan Anda.

Pencarian Terpopuler:

hal yang menyebabkan keguguran, olahraga yang menyebabkan keguguran, hal yang dapat menyebabkan keguguran, olahraga yang dapat menggugurkan kandungan, hal-hal yang menyebabkan keguguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>