Merawat Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak saat hamilBerikut beberapa cara untuk merawat kaki bengkak saat hamil:

1. Jika Anda duduk sepanjang hari, pastikan Anda beristirahat secara teratur dengan berjalan-jalan dan meluruskan kaki Anda, untuk memberikan dorongan terhadap sirkulasi darah Anda. Setiap beberapa saat, regangkan dan lenturkan jari-jari kaki dengan memutar pergelangan kaki Anda, untuk menjaga darah dan cairan dalam tubuh tetap bergerak.

2. Perawatan kaki bengkak dapat dilakukan dengan melakukan pijatan. Pijatlah kaki Anda dengan menggunakan minyak atsiri atau minyak pijat lainnya, untuk meringankan bengkak Anda. Pijatan juga bermanfaat untuk membantu meringankan nyeri dan kelelahan, sekaligus membuat Anda lebih relaks.

3. Selama tahap akhir kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk tidur dengan posisi menyamping ke kiri atau ke kanan. Hal ini karena ketika berbaring terlentang, Anda akan memberikan tekanan tambahan pada pembuluh vena. Dengan berbaring ke samping aliran darah Anda dapat berjalan lancar dan bebas kembali ke jantung, sehingga mencegah penyatuan atau penggumpalan dan dan cairan yang dapat menyebabkan pembengkakan. Selain itu, Anda juga dapat berbaring dengan kaki yang ditinggikan atau dialas dengan bantal, agar kelebihan cairan di kaki dapat mengalir.

4. Merawat kaki bengkak dapat dilakukan dengan olah raga secara teratur, baik itu jogging, berenang, atau olah raga yang memang dianjurkan untuk ibu hamil lainnya. Olah raga akan membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah Anda, sekaligus menghentikan kelebihan atau penggumpalan cairan di bawah tubuh.

5. Para ibu hamil juga dapat merawat kaki bengkak dengan meminum ramuan herbal. Caranya, tambahkan dua sendok ketumbar dalam dua gelas air. Rebus campuran ini hingga tinggal separuh, kira-kira untuk satu gelas. Kemudian, minumlah rebusan ini tiga kali dalam sehari. Untuk menambahkan rasa, Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit gula dan susu.

6. Perawatan kaki yang dapat dilakukan oleh para ibu hamil lainnya adalah dengan mengkompres atau merendam bagian kaki yang bengkak dengan air dingin yang telah dicampurkan dengan garam atau jeruk nipis selama 10 hingga 15 menit. Perawatan kaki ini, tidak hanya dapat dilakukan untuk mengurangi pembengkakan saja, tapi juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan kelelahan pada kaki Anda.

Pencarian Terpopuler:

kaki bengkak pada ibu hamil, penyebab kaki bengkak saat hamil, penyebab kaki ibu hamil bengkak, pijet dan bengkak kaki waktu hamil, ramuan menghindari kaki bengkak saat hamil.

One Response to “Merawat Kaki Bengkak Saat Hamil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>