Tips Kesehatan Saat Trimester Ketiga

Tips kesehatan trimester ketigaTrimester ketiga merupakan saat menegangkan menuju persalinan. Pada trimester ketiga janin dalam kandungan sudah mulai bergerak aktif. Perut ibu hamil pun semakin membesar. Ibu hamil disarankan untuk lebih intensif menjaga stamina dan kesehatan tubuhnya pada trimester ketiga.

Tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mencari tips kesehatan yang berkaitan dengan kehamilan trimester ketiga. Karena tips kesehatan tersebut berguna bagi ibu hamil untuk menjalani kehamilan pada trimester ketiga. Carilah tips kesehatan yang kebenarannya akurat secara medis.

Tips kesehatan yang bermanfaat bagi kehamilan trimester ketiga diantaranya:

• Pada trimester ketiga, ibu hamil sering mengalami sakit dan nyeri pada bagian punggung. Hal tersebut dikarenakan terjadinya peningkatan berat janin yang cukup signifikan pada rahim. Lakukanlah pijatan ringan pada bagian punggung untuk mengurangi rasa nyeri. Selain itu, tegakkanlah punggung baik ketika duduk, berdiri ataupun berjalan, karena punggung yang membungkuk dapat menambah rasa sakit.

• Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil pada trimester ketiga adalah posisi miring ke sebelah kanan dengan posisi kaki diganjal bantal atau guling.

• Pada trimester ketiga, hendaknya ibu hamil memperbanyak konsumsi kalsium, karena kalsium ini sangat diperlukan untuk pembentukan gigi dan tulang janin. Maka dari itu ibu hamil disarankan untuk memakan makanan seperti mentega, susu, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Karena makanan tersebut memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

• Ibu hamil yang tengah berada pada trimester ketiga disarankan untuk melakukan senam hamil prenatal untuk persiapan persalinannya.

• Salah satu kegiatan yang baik bagi ibu hamil pada trimester ketiga adalah melakukan jalan santai. Karena olahraga jalan santai dapat menguatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

• Ibu hamil hendaknya mempersiapkan mental dengan baik dengan mengumpulkan keberanian dan kekuatan fisik secara lahir dan batin untuk proses persalinannya.

• Hindari perubahan temperatur yang terlalu dingin atau yang terlalu panas, karena pada saat trimester ketiga pembuluh darah ibu hamil sedang berada di titik peka yang berlebihan sehingga cenderung sensitif.

• Janganlah menahan rasa ingin buang air kecil. Buanglah air kecil ketika sudah terasa, karena dengan menahannya dapat menyebabkan gangguan pada saluran kencing.

• Jangan panik bila tiba-tiba ibu hamil mengalami kontraksi dini di periode trimester ketiga, hal tersebut merupakan hal yang wajar apabila kontraksi tersebut tidak disertai dengan keluarnya cairan dari vagina.

• Pada trimester ketiga biasanya ibu hamil lebih cepat lelah. Oleh karena itu perbanyaklah istirahat dan janganlah melakukan kegiatan yang menguras fisik.

• Tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mempersiapkan perlengkapan bayi untuk menyambut kelahiran si buah hati.

• Kurangi mengonsumsi makanan ringan cepat saji, karena makanan tersebut mengandung kalori lemak dan garam yang cukup tinggi.

• Persiapkanlah alat-alat kelengkapan persalinan.
Persiapkanlah diri menuju persalinan dengan melakukan tips kesehatan di atas. Jangan lupa pula berdoa agar dimudahkan segala urusannya.

Pencarian Terpopuler:

trimester ketiga, senam hamil trimester 3, senam ibu hamil trimester 3, perawatan kehamilan trimester ketiga, trimester 3.

2 Responses to “Tips Kesehatan Saat Trimester Ketiga”

  • halimah says:

    saat yang ditunggu para ibu, sehingga kehamilan hrus bener-bener dijaga.makasih infonya, semog bermanfaat. salam

  • asri naibaho batubara says:

    thanks ya buat infonya,saya sekarang hamil 7 bln,infonya sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>