Tips Menjaga Kesehatan Saat Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua kehamilan, ibu hamil akan dihadapkan dengan sejumlah perubahan bentuk dan kondisi tubuh. Perut yang makin membuncit, lalu rasa gatal-gatal yang timbul di beberapa tempat serta stretch mark yang mulai bermunculan di sekitar perut. Semua itu normal seiring dengan pertumbuhan janin, namun biarpun begitu ibu hamil juga harus tetap menjaga kesehatan secara cermat selama trimester kedua kehamilan.

Saat memulai trimester kedua kehamilan, Anda harus fokus pada upaya menjaga keseimbangan asupan kalori dengan diet yang sehat dan seimbang. Sebagai seorang wanita karir, ibu hamil terkadang tidak punya cukup waktu untuk memasak makanan, namun cobalah terus untuk menyisipkan makanan segar ke dalam menu. Jika memilih makanan siap saji, berhati-hatilah dalam melihat kandungan natrium serta lemak yang tersembunyi di dalamnya.

Berbagai macam tips kesehatan sudah pasti mengingatkan Anda untuk tidak sembarangan minum obat. Namun ternyata ada beberapa jenis obat yang aman untuk diminum, seperti sirup batuk Robitussin ataupun antasida untuk mengatasi sembelit. Namun tentu saja hal ini harus dikonsultasikan dengan dokter. Sebagai langkah pencegahan, minum banyak air, makan banyak sayur atau makanan berserat, mengurangi es, bisa menghindarkan dari batuk ataupun sembelit.

Selain itu, olahraga ringan juga dibutuhkan pada trimester kedua kehamilan. Olahraga seperti renang adalah bentuk latihan yang aman selain yoga ataupun latihan perenggangan yang lainnya. Beberapa olahraga seperti lari ataupun melompat bisa mengakibatkan ketidaknyamanan, selain itu resiko jatuh sangat besar sehingga harus dihentikan. Intinya, olahraga adalah hal yang penting dalam kehamilan trimester kedua namun Anda harus tetap menjaga denyut jantung agar tidak melebihi 140 kali per menitnya. Hal ini dimaksudkan agar ibu hamil tidak kelelahan kehamilan ini bisa membuat nafas ibu menjadi semakin pendekdan cepat lelah walaupun hanya melakukan sedikit aktivitas fisik.

Stretch mark juga merupakan keluhan umum sepanjang kehamilan trimester kedua. untuk itu, siapkan lah krim anti stretch mark yang aman pada awal kehamilan. Pemakaiannya juga harus sesuai dengan ijin dokter, karena sifat krim yang meresap ke dalam kulit. Jika mengandung bahan kimia maka akan bisa berbahaya bagi janin.

Trimester kedua juga merupakan saat yang tepat untuk mengikuti pelatihan persiapan melahirkan seperti yoga hamil ataupun senam hamil. Beberapa kelas persiapan melahirkan akan memberikan manajemen nyeri selama melahirkan. Sekarang banyak rumah sakit yang juga menyediakan kelas persiapan melahirkan. Kelas ini sudah tentu lebih aman daripada kelas kehamilan yang non rumah sakit, karena rumah sakit sudah pasti memiliki tenaga kesehatan yang andal dan terpercaya. Persiapan ini bisa membantu ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan baik secara mental ataupun fisik.

Pencarian Terpopuler:

tips kehamilan trimester kedua, trimester kedua, menjaga kehamilan trimester kedua, menjaga kehamilan 5 bulan, menjaga kehamilan 6 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>