Tips Mengatasi Ketakutan Menjelang Persalinan

Seorang wanita akan merasa sebagai wanita yang sempurna ketika ia bisa melahirkan anak dengan selamat sebagai pelanjut keturunan keluarganya. Melahirkan menjadi suatu hal yang diharapkan dan merupakan puncak kebahagiaan seorang wanita.

Namun, hampir semua wanita merasakan ketakutan menjelang persalinan. Proses persalinan menjadi sesuatu yang dinantikan sekaligus ditakutkan. Ketakutan menjelang persalinan merupakan hal yang wajar terjadi selama dalam batas kewajaran dan tidak sampai mengganggu kejiwaan. Ketakutan menjelang persalinan tidak boleh sampai menimbulkan tekanan kejiwaan atau depresi. Bila depresi sampai terjadi, ketakutan menjelang persalinan akan sangat mengganggu proses persalinan dan justru hal-hal yang ditakutkan akan semakin terjadi.

Untuk mengatasi ketakutan jelang persalinan, ada beberapa tips yang bisa diuraikan di sini. Tips mengatasi ketakutan jelang persalinan ini berdasarkan kajian medis, psikologis, religi, dan pengalaman dari para ibu yang pernah melahirkan. Berikut tips mengatasi ketakutan jelang persalinan yang dimaksud:

  1. Takut nyeri. Mengatasi ketakutan jelang persalinan berupa takut nyeri adalah dengan menanamkan keyakinan pada diri bahwa nyeri yang terjadi pada proses persalinan adalah sesuatu yang alamiah. Percayalah, bahwa tubuh wanita memang “didesain” Tuhan untuk melahirkan sehingga tubuh Anda pasti mampu menahan rasa nyeri tersebut. Jangan percaya omongan orang tentang rasa nyeri karena setiap orang berbeda dalam merespons dan merasakan nyeri. Rasa nyeri akan menjadi ringan jika Anda meresponsnya dengan tenang, tanpa panik. Kalau Anda panik, proses persalinan akan terganggu dan menjadi semakin lama yang berarti rasa nyeri pun akan semakin panjang Anda rasakan.
  2. Takut dipojokkan. Ketika Anda melahirkan, akan banyak terjadi sesuatu yang sebelumnya tak lazim Anda lakukan. Anda bisa mengerang, muntah, bahkan buang air besar sehingga Anda akan merasa bersalah. Mengatasi ketakutan jelang persalinan dalam hal ini adalah dengan membuang jauh-jauh perasaan takut dipojokkan atau dipersalahkan tersebut. Anda harus sadari, Anda sedang melakukan hal yang luar biasa yang berkaitan dengan fungsi tubuh. Jika Anda melakukan hal-hal yang tak lazim tadi, percayalah dokter dan perawat tidak akan mempersalahkan Anda dan mereka tetap menolong Anda.
  3. Takut meninggal dunia. Seperti tips pertama di atas, mengatasi ketakutan jelang persalinan dalam hal ini adalah dengan meyakini bahwa Tuhan memang telah menciptakan tubuh wanita secara sempurna untuk melahirkan. Melahirkan adalah tugas suci wanita yang dititahkan oleh Yang Di Atas. Percayalah, jika selama kehamilan kita telah menjalaninya dengan benar sesuai ketentuan dunia kedokteran, Tuhan akan membalasnya dengan kemudahan proses persalinan.  Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama proses persalinan, kemajuan dunia kedokteran semakin bisa untuk mengatasinya. Proses persalinan secara normal maupun melalui bedah cesar kini semakin mudah dan kecil risiko kematiannya berkat kemajuan dunia kedokteran.

Yang juga penting dari semua upaya mengatasi ketakutan jelang persalinan adalah mencari informasi yang benar tentang kehamilan dan proses persalinan. Singkirkan hal-hal yang berbau mitos dan mistis, konsultasilah selalu pada dokter Anda jika menemui suatu ganjalan atau suatu yang meragukan.

Pencarian Terpopuler:

tips menjelang persalinan, kaki bengkak menjelang proses melahirkan, kaki bengkak jelang persalinan, tanda-tanda menjelang persalinan pada kehamilan ke -2, tips menghadapi persalinan pertama.

One Response to “Tips Mengatasi Ketakutan Menjelang Persalinan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>