Masa Kehamilan 1-3 Bulan Pertama

Kehamilan Trimester PertamaAwal kehamilan atau masa trimester pertama merupakan saat yang rawan bagi perkembangan janin, karena biasanya banyak wanita tidak menduga kalau dirinya sedang hamil. Kehamilan baru diketahui ketika usia janin sudah menginjak waktu lebih dari satu bulan. Sementara itu, jika mereka tidak sadar sedang hamil, mereka akan mengkonsumsi berbagai macam makanan serta obat yang bisa merusak perkembangan bayi dalam kandungan. Karena itulah janin pada umur 1-3 bulan ini sangat rentan keguguran.

Saat masa subur, jika sel telur dibuahi maka akan terjadi penempelan sel telur yang berbentuk semacam bola pada dinding rahim calon ibu. Masa ini adalah masa rawan, karena janin masih berupa cikal bakal. Jika Janin selamat, maka bola sel telur itu akan terus berkembang.

Perkembangan sel telur ini akan membentuk seperti udang yang masih berukuran kecil. Sel telur berbentuk udang kecil ini akan semakin berkembang saat memasuki usia kehamilan dua bulan yang diserta dengan penyusunan organ vital jantung serta susunan saraf pusat sejak kehamilan bulan pertama.

Bentuk udang akan semakin menyerupai bayi pada pertengahan bulan kedua, dan disertai dengan terbentuknya wajah bayi serta membesarnya ukuran kepala. Tanda-tanda kehidupan akan muncul dimulai dengan berfungsinya jantung yang ditandai dengan detakan lembut. Selain itu organ lain seperti bagian tangan serta kaki jug mulai terbetuk, seiring dengan terlihat jelasnya tali pusar serta munculnya otot-otot.

Pertumbuhan semakin sempurna pada bulan ketiga dimana jantung sudah mencapai bentuk yang sempurna. Selain jantung, organ-organ lain juga ikut sempurna seperti kaki serta tangan. Bulan ketiga juga mulai terbentuk organ baru seperti telinga, pemisahan jari-jari tangan serta kaki yang mengikuti pembentukan pembentukan kaki serta tangan lainnya. Sementara organ-organ vital lainnya akan baru akan terbentuk pada akhir bulan ketiga dan akan semakin sempurna pada bulan keempat.

Karena perkembangannya sudah mulai sempurna, maka jika Anda USG Anda sudah akan bisa melihat bayi Anda pada umur tiga bulan.

 

BACA JUGA:

Artikel-Artikel lain:

Pencarian Terpopuler:

masa kehamilan 1-3 bulan, kehamilan 3 bulan pertama, kehamilan trimester pertama, hamil 3 bulan pertama, Masa rawan kehamilan.

4 Responses to “Masa Kehamilan 1-3 Bulan Pertama”

  • efflyngumansalangi says:

    Apa ada yang positif hamil jika haid pada bulan sebelumya masih jalan?

    • Jeny says:

      Saiful Nang rasanya nama yg agak besar dalam dunia foartogfi disebabkan besar sangat nama sampai orang boleh hirau akan persamaan nama anda berdua. Oh ya, ini kali pertama sy jumpa blog saiful nang. akan ikut baca sentiasa lps ni.

  • vini says:

    Siang,sy vini.sy mw brtanya,d wktu sy hamil 3 bulan,sy mngalami sprti mens,tp darah yg klwr mnggumpal brwrna hitam,wktu itu sy kira sy keguguran,tp stlh d priksa,trnyta sy msh hamil,dan d USG,bayi sy sehat2 sj,tp apkh tidak brbahaya dg keadaan bayi sy ya?skrg kndungan sy udh 9 bln?

  • Nixon says:

    apakah bisa wanita ngalamin kehamilan dalam waktu seminggu berhubungan, misalnya berhubungan badan tgl 1 dan istri merasa hamil pada tanggal 8 – 9 pada bulan yg sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>