Faktor-faktor Penyebab Susah Hamil

penyebab susah hamilBerikut beberapa hal yang dapat menyebabkan seorang sulit hamil:

1. Faktor Usia. Penelitian menunjukkan bahwa batas kesuburan wanita adalah hingga berusia 35 tahun. Sedangkan masa subur wanita terjadi pada usia antara lima belas hingga tiga puluh tahun. Dengan bertambahnya usia wanita, cadangan telur untuk dibuahi pun menurun dengan cepat. Begitu juga dengan pria. Pada usia ini, kualitas sperma pria menurun dan gen sperma abnormal pun meningkat. Dengan kata lain, wanita yang berusia di atas 35 tahun atau memiliki pasangan dalam kelompok usia ini, kemungkinan besar akan sulit punya anak, atau memiliki anak, namun memiliki masalah seperti cacat, down syndrome dan sebagainya.

2. Frekuensi Seks. Jika frekuensi berhubungan seks antara Anda dan pasangan hanya satu kali dalam seminggu, kemungkinan Anda untuk hamil menjadi sangat rendah. Hal ini biasanya terjadi pada pasangan yang sama-sama bekerja, dimana biasanya sepulang kerja mereka sudah sama-sama lelah dan keinginan untuk berhubungan seks pun berkurang. Selain itu, penyebab susah hamil lainnya adalah melakukan hubungan seksual pada saat Anda tidak berovulasi. Masa ovulasi biasanya terjadi pada hari ke 9, 11, 12, 14 dan 16 dari siklus haid bulanan Anda. Dengan mengetahui waktu ovulasi Anda, maka Anda dan pasangan dapat merencanakan dan memaksimalkan hubungan seks Anda.

3. PCOS. Polycystic Ovarium Syndrome merupakan sindrom yang dapat mengakibatkan seorang wanita mengalami ketidaksemibangan hormon. Karena hormon dalam tubuh tidak seimbang, pelepasan sel telur pun terhambat, sehingga menyebabkan haid tidak teratur dan menyebabkan ketidakseburan. Inilah yang menyebabkan wanita sulit hamil. Hampir sekitar 5 persen wanita yang berusia antara 12 hingga 45 tahun, menderita sindrom ini.

4. Kafein, Alkohol dan Rokok. Penyebab susah hamil yang satu ini, kebanyakan disebabkan oleh para pria. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa kafein, alkohol dan rokok dapat menyebabkan menurunnya kesuburan seseorang. Tidak hanya pria saja, tetapi wanita juga. Penelitian menunjukkan bahwa jumlah cangkir kopi dan alkohol yang kita minum setiap hari dapat mempengaruhi jumlah sperma, motilitas dan kelainan terhadap sperma yang dihasilkan, begitu juga dengan merokok. Karenanya, penting sekali bagi para pria dan wanita untuk menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, alkohol dan rokok, tiga bulan sebelum mencoba untuk hamil.

5. Penyakit. Hal yang merupakan penyebab susah hamil lainnya adalah penyakit yang Anda dan pasangan derita. Penyakit seperti impotensi, diabetes dan endometriosis, dapat menyebabkan seseorang sulit hamil atau sulit punya anak. Endometriosis adalah suatu kondisi dimana endometrium (jaringan dari lapisan rahim) tumbuh di luar rahim
(tepatnya di luar rongga uterus), sehingga menyebabkan kemandulan. Ini adalah kondisi medis yang dapat membuat seseorang sulit punya anak. Selain itu, wanita yang memiliki masalah sruktural rahim, tuba falopi tersumbat serta kista ovarium, kemungkinan besar juga akan sulit hamil.

Pencarian Terpopuler:

penyebab susah hamil, faktor penyebab susah hamil, faktor susah hamil, faktor penyebab sulit hamil, faktor tidak bisa hamil.

One Response to “Faktor-faktor Penyebab Susah Hamil”

  • rahmat hidayat says:

    istri saya pernah mengalami ke guguran waktu anak yang ke-2, menurut dokter istri saya punya kista, atw hamil anggur.
    jd ketika keguguran, istri mendapat rujukan harus di kiret. Ternyata setelah di kiret harus juga disesar, ternyata bukan hanya di sesar tp menurut dokter, istri harus d potong saluran kandungannya sebelah,
    jadi apa munkin kami masih dapet keturunan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>