Penyebab Sulit Hamil

Wanita sulit hamilSetiap pasangan suami dan istri, pada umumnya mereka mengharapkan hadirnya anak-anak dalam kehidupan mereka. Walaupun sebagian mereka memilih untuk tidak hamil dahulu hingga beberapa waktu karena alasan-alasan tertentu seperti masih terlalu muda, karena masih kuliah atau pekerjaan, atau karena penyakit yang bisa membahayakan ibu dan janin. Namun juga tidak sedikit pasangan yang memilih dan berusaha untuk segera memiliki buah hati. Atas kehendak Yang Maha Kuasalah dengan hikmah-Nya tidak semua pasangan diberi apa yang mereka inginkan. Ada wanita yang mudah sekali hamil tetapi ada juga wanita yang sulit hamil. Ada banyak hal yang menyebabkan wanita susah hamil, untuk mengetahui penyebabnya harus menjalani pemeriksaan medis baik pada suami maupun istri.

Penyebab wanita tidak bisa hamil tidak mutlak dari wanita saja, tetapi laki-lakipun punya peran. Beberapa hal yang menyebabkan wanita susah hamil antara lain karena anovulasi pada wanita yaitu gangguan pada produksi sel telur atau gagalnya pematangan sel telur. Hal ini biasanya disebabkan karena gangguan hormonal yang terjadi pada tubuh wanita yang seringkali tidak disadari. Apabila sel telur tidak dapat matang, maka sel sperma tidak dapat membuahi sehingga wanita tidak bisa hamil. Tanda produksi sel telur berjalan dengan baik dan berkembang hingga matang adalah teraturnya siklus haid. Karena ketika sel telur yang matang tidak dibuahi oleh sel sperma, maka akan luruh dan terjadilah haid. Apabila penyebab wanita tidak bisa hamil karena anovulasi pada wanita maka biasanya dokter akan memberikan obat untuk menormalkan hormon yang kurang atau berlebih.

Struktur alat reproduksi wanita yang tidak normal dapat juga menyebabkan wanita susah hamil. Misalnya letak rahim yang lebih tinggi dari mulut rahim sehingga sperma yang masuk akan cepat keluar kembali. Atau adanya penyakit pada daerah sekitar rahim seperti kista atau tumor. Beberapa hal di atas hanya sebagian dari penyebab wanita susah hamil. Hendaknya pasangan suami istri yang lama belum memiliki keturunan, mencari penyebab medisnya jika ada dan tidak putus asa untuk terus berusaha.

Pencarian Terpopuler:

penyebab sulit hamil, rahim tinggi susah mengandung, penyebab lamanya kehamilan, Penyebab wanita sulit hamil, penyebab wanita susah hamil.

5 Responses to “Penyebab Sulit Hamil”

  • fheny artati says:

    Saya dengan suami sudah berapa tahun ini sangat mendambakan kehadiran seorang anak.saya tidak tahu apa penyebab terhambatnya kami mempunyai keturunan..saya hanya mengalami masalah saat haid.yang ingin saya tanyakan makanan apa saja yang bisa menunjang kesuburan bagi saya dan suami supaya bisa mendapatkan keturunan.
    Saya sangat berharap ini semua sangat bisa membantu kami untuk bisa mendapatkan keturunan

    • angela says:

      hey Fheny, salam kenal. saya angela, saya juga mengalami susah hamil setelah anak pertama dan haru menunggu 7 tahun untuk bisa dapet anak kedua. kalo masalah anda berhubungan dengan haid anda dapat menghubungi saya agar saya informasikan makanan yang dapat melancarkan haid anda. Anda dapat menghubungi saya di 021-95527676. salam sehat.

  • no name says:

    saya dan istri saya sdh 1,5 tahun berumah tangga, 3 bln setelah menikah istri saya mengalami keguguran, sampai sekarang kami belum dikaruniai keturunan, siklus haid istri saya tidak lancar, apakah karena itu yang menghambat?

  • Rini says:

    saya dan suami sudah 13 bulan menikah, tapi kami msh belum dikaruniai anak, kami mmg belum melakukan pemeriksaan ke medis dikarenakan suami saya tidak pernah mau jika diajak untuk ke dr….hal apa yg harus saya lakukan agar suami mau diajak ke dr terus terang saya skrg ini merasa sangat khawatir karena usia saya yg sudah tidak muda lg yaitu 34 tahun untuk hamil mohon solusinya

  • Ita lestari says:

    Saya sudah 1thun menikah tetapi smpe skrang belum dikaruniai buah hati,apa pnyebabnya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>